Iklan

Kasus Korupsi dan Pungli Mandek? Peran Kejari Kab. Tangerang Dipertanyakan

Kasus Korupsi dan Pungli Mandek? Peran Kejari Kab. Tangerang Dipertanyakan
Oleh: Taryani
 

Korupsi di Indonesia telah ada sejak zaman kerajaan dan terus berlanjut hingga era modern. Tindakan korupsi, yang dianggap sebagai perilaku yang wajar oleh sebagian masyarakat, menunjukkan adanya sikap permisif terhadap praktik in

 

Indonesia sebagai salah satu negara demokrasi besar pada tahun 2024 ini telah mengadakan pemilihan umum secara serentak. Dalam lima tahun terakhir terpotret bahwa Corruption Perception Index (CPI) Indonesia mengalami kecenderungan turun. Pada tahun 2019 dengan skor 40 dan kemudian terjun bebas menjadi 34 pada tahun 2022 lalu. “CPI Indonesia tahun 2023 berada di skor 34/100 dan berada di peringkat 115 dari 180 negara yang disurvei. Skor ini 34/100 ini sama dengan skor CPI 2022 lalu. ungkap Wawan Suyatmiko, Deputi Sekretaris Jenderal Transparency International Indonesia.

 

Menyoal mengenai korupsi yang terus mengalami penurunan skor pada survei yang dilakukan oleh CPI Indonesia pada tahun 2023, hal itu didasari dari berbagai daerah di Indonesia terutama di Kabupaten Tangerang. Kasus korupsi yang semakin hari semakin tak terhindarkan justru penanganannya berhenti atau mandek di Kejaksaan Negeri (Kejari) Kab. Tangerang, Banten.

 

Beberapa bukti dari kasus korupsi yang tidak berlanjut kabarnya yaitu:

  1. Kasus ambruknya (gedung) rumah pompa air dengan judul proyek 'Pembangunan DI Kronjo 2' senilai hampir Rp. 1,2 Miliar yang dikerjakan oleh CV. Guna Bakti Putra, APBD TA 2022.
  2. Kasus dugaan pungli PPDB SMAN 3 Kabupaten Tangerang Tahun Ajaran 2023/2024. Dugaan pungli dalam penerimaan peserta didik baru (PPDB) di SMAN 3 dan SMAN 13, termasuk biaya hingga Rp 1 juta per siswa untuk jalur titipan serta biaya untuk buku paket dan seragam yang jauh lebih tinggi dari harga pasar.
  3. Laporan LSM SOROD terkait dugaan persekongkolan tender yang melibatkan rekanan CV. Mulia Arinda dan CV Three Langgeng.
  4. Kasus 'mega korupsi' dugaan mark-up 'Pengadaan Lahan RSUD Tigaraksa

Menanggapi berbagai kasus pungli dan korupsi yang tidak tertangani dengan benar di Kejari Kabupaten Tangerang, Wakil Ketua Umum LSM Kemilau Cahaya Bangsa Indonesia (KCBI) Irwandi Gultom, sangat prihatin dengan kinerja dari Kejaksaan Negeri Kabupaten Tangerang yang di Pimpin oleh Ricky Tommy Hasiholan tersebut.


“Seolah-olah keberadaan Ricky Tommy Hasiholan setelah memimpin Kejari Kabupaten Tangerang, spesialis untuk mengubur kasus-kasus dugaan korupsi dan pungli yang dilaporkan ke Kejari Kabupaten Tangerang,” Demikian dikatakan Irwandi Gultom, Wakil Ketua Umum LSM Kemilau Cahaya Bangsa Indonesia (KCBI), Selasa (4/5/2024).

 

“Mungkin contoh yang paling nyata itu dalam kasus mega korupsi dugaan mark-up Pengadaan Lahan RSUD Tigaraksa. Sewaktu Kajari lama, Ferry Herlius masih menjabat, kasusnya sudah naik kepenyidikan sejak Juli 2023. Tapi semenjak Tommy yang jadi Kajari, lama-lama kasus tersebut makin menghilang seolah-olah mau dikubur dalam-dalam,” katanya.

 

Menanggapi hal tersebut Kasubsi Ekmon Kejari Kab. Tangerang Muhammad ilham menjelaskan, akan menyampaikan langsung ke pimpinan.

 

Ilham menegaskan juga bahwa penanganan kasus dugaan korupsi lahan RSUD Tigaraksa masih sedang berlangsung, namun yang menanganinya secara langsung adalah bidang pidana khusus.

 

“Kalau masalah RSUD Tigaraksa bang, itu masih ditangani oleh bidang Pidsus. Kalau prosesnya boleh dikatakan masih on going itu bang. Bidang Pidsus yang menanganinya,” jelas Ilham, di salah satu ruangan PTSP Kejari Kabupaten Tangerang, Senin (4/6/2024).

 

Dari berbagai keterangan mengenai kasus pungli dan korupsi yang ada di Kabupaten Tangerang, kiranya Kejari Kabupaten Tangerang sangat lambat sekali dalam bersikap bahkan terkesan menutupi dan mengubur kasus-kasus korupsi dan pungli warisan Kajari lama Ferry Herlius ketika menjabat. Jadi, bukankah sampai saat ini peran Kejari Kabupaten Tangerang masih belum maksimal?

 

From <https://www.radaronline.id/2024/06/05/nyali-kajari-kab-tangerang-diuji-ungkap-kasus- korupsi-pungli-yang-lama-mengendap/>

 

https://www.radaronline.id/2024/06/05/nyali-kajari-kab-tangerang-diuji-ungkap-kasus-korupsi- pungli-yang-lama-mengendap/

 

From<https://www.perplexity.ai/search/contoh-judul-untuk-artikel-yan- zclZJW6rS.SQuhx9dDTd8Q>

 

From <https://ti.or.id/indeks-persepsi-korupsi-2023-pemberantasan-korupsi-kembali-ke-titik-nol/>


From<https://www.perplexity.ai/search/contoh-judul-untuk-artikel-yan- zclZJW6rS.SQuhx9dDTd8Q>


Lebih baru Lebih lama