Iklan

Bawaslu Nias Utara Bersinergi Dengan Pers Awasi Pilkada 2024

Bawaslu Nias Utara Bersinergi Dengan Pers Awasi Pilkada 2024

 

Nias Utara I NUSANTARATALK.ID - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Nias utara menggelar sosialisasi pengawasan partisipatif dalam rangka penguatan sinergi pemberitaan bersama awak media di Aula TC. Osseda Jl. Gowe zalawa - Lotu pada Jumat(30/08/2024). Kegiatan tersebut diinisiasi untuk mengajak insan pers turut serta mengawasi Pilkada serta menghimbau masyarakat ambil bagian dalam peran pengawasan partisipatif.


Kegiatan itu melibatkan 30 jurnalis sebagai peserta. Dengan 2 narasumber yang terverifikasi yakni mantan Tim Seleksi Bawaslu SUMUT Pastor Posman Manalu, Pr dan Jurnalis KompasTV Hendrik Yanto Halawa.

Komisioner Bawaslu Koordinator Divisi Hukum, Pencegahan, Parmas dan Humas Edikania Zega dalam sambutannya mengatakan bahwa jumlah personil Bawaslu terlalu sedikit untuk menjangkau seluruh situasi demokrasi yang kompleks. Oleh karena itu, pihaknya meminta peran serta pers dan masyarakat sebagai perpanjangan tangan untuk bersama-sama mengawasi pilkada mendatang.


"Kami minta dukungan untuk bersama-sama mengawasi Pilkada mendatang serta membantu mensosialisasikan peraturan Bawaslu nomor 2 tahun 2022 berkaitan dengan pelibatan masyarakat sebagai pengawas partisipatif". Terang Edy.


Untuk diketahui, kabupaten nias Utara akan menyambut 2 giat pilkada. Yakni Pemilihan bupati dan wakil bupati Nias Utara serta Pemilihan gubernur dan wakil gubernur Sumatera Utara yang digelar serentak pada tanggal 27 November 2024. (A026).


Lebih baru Lebih lama