Iklan

Susanti Masih Unggul, Survei LSIN: Calon Wakil Wali Kota Siantar Signifikan Mempengaruhi Keterpilihan

 

Susanti Masih Unggul, Survei LSIN: Calon Wakil Wali Kota Siantar Signifikan Mempengaruhi Keterpilihan

Medan I NUSANTARATALK.ID – Lembaga Survei Independen Nusantara (LSIN) baru saja merilis hasil survei terbaru mereka yang dilakukan pada tanggal 5-10 Juni 2024, yang meneliti preferensi masyarakat terhadap calon pasangan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Pematangsiantar. Survei ini melibatkan 400 responden yang dipilih melalui metode sampling di 8 Kecamatan dan 53 Kelurahan di Pematangsiantar, dengan margin error 2- 5%. Direktur LSIN, Dr. Bismar Sibuea, S.Pd., M.Pd., menyampaikan hasil survei ini dalam konferensi pers yang diadakan hari ini. 18 Juni 2024.


Simulasi pasangan ini kami dasari dari kemungkinan bukan merupakan pasangan yang final, dan kami melihat formulasi dari beberapa analisa yang memungkinkan berpasangan.


Hasil Survei Pasangan dr. Susanti. Dalam simulasi pasangan calon, jika dr. Susanti berpasangan dengan Mangatas Silalahi, mereka memperoleh dukungan sebesar 35% dari responden. Kombinasi ini menunjukkan tingkat elektabilitas tertinggi dibandingkan pasangan lain yang diusulkan. Jika dr. Susanti berpasangan dengan Fawer Sihite, dukungan sedikit berkurang menjadi 31%. Lebih lanjut, jika dr. Susanti berpasangan dengan Tuahman Purba, mereka meraih 21% suara, dan jika berpasangan dengan Ronal Tampubolon, dukungannya turun menjadi 15%.


Hasil Survei Pasangan Mangatas Silalahi. Simulasi berikutnya menampilkan Mangatas Silalahi sebagai calon utama. Jika Mangatas Silalahi berpasangan dengan dr. Susanti, mereka meraih 34% dukungan. Jika Mangatas Silalahi berpasangan dengan Faidil Siregar atau Darwin Pohan, masing-masing pasangan memperoleh 30% suara. Pasangan Mangatas Silalahi dengan Fahmi Siregar memperoleh dukungan 27%.


Hasil Survei Pasangan Fawer Sihite. Simulasi terakhir menampilkan Fawer Sihite sebagai calon utama. Jika Fawer Sihite berpasangan dengan Kusdianto, mereka meraih 32% suara. Pasangan dengan Khairuddin Lubis memperoleh 31%, dengan Sri Tamika mendapatkan 29%, dan dengan Ustad Ali Lubis memperoleh 25%.


Hasil Survei Pasangan Liberty Panjaitan. Simulasi jika Liberty Panjaitan berpasangan dengan H. Irwan mereka meraih suara 30% suara, Liberty berpasangan dengan Rini Silalahi mereka meraih suara 25%, Liberty berpasangan dengan Sri Rahmawaty mereka meraih suara 23%.


Hasil survei ini menunjukkan bahwa jika pilkada dilakukan hari ini, pasangan dr. Susanti dan Mangatas Silalahi akan mendapatkan hasil tertinggi dibandingkan pasangan calon lainnya. Namun, masih terdapat 20% responden yang belum menentukan pilihan mereka jika dr. Susanti berpasangan dengan Tuahman Purba, Mangatas Silalahi berpasangan dengan Faidil Siregar, Linerty berpasangan dengan Irwan atau Fawer Sihite berpasangan dengan Kusdianto.


Dr. Bismar Sibuea menambahkan bahwa hasil survei ini masih sangat dinamis mengingat masih ada beberapa bulan lagi sebelum masa pendaftaran calon resmi dibuka, dan dapat menjadi catatat kalau Wali menjadi penting untuk menunjang keterpilihan. “Kondisi ini bisa berubah seiring dengan munculnya bakal calon Wali Kota lainnya seperti Wesly Silalahi, Astrounot Nainggolan, dan Timbul Lingga yang mulai menunjukkan minatnya,” ujarnya.


LSIN akan terus memantau perkembangan ini dan berencana melakukan survei lanjutan untuk memberikan gambaran yang lebih jelas mengenai preferensi masyarakat menjelang pemilihan Wali Kota Pematangsiantar. Dr. Bismar Sibuea mengingatkan bahwa hasil survei ini adalah potret sementara dari dinamika politik yang ada, dan keputusan akhir berada di tangan masyarakat Pematangsiantar saat mereka memberikan suaranya di bilik pemungutan suara nanti. (Rilis).

Lebih baru Lebih lama